Air Terjun Di Malang, Wisata Air Yang Selalu Diburu Karena Keindahan Alamnya

Air Terjun Di Malang

Wisata Air Terjun di Malang

Malang memang tidak pernah kehabisan ide untuk menyuguhkan keindahan alamnya, selain memiliki banyak pantai, ada juga banyak air terjun di Malang yang mempunyai panorama hijau nan indah yang dilengkapi tebing bebatuan yang tersusun dengan artistik dan cantik. Siapa saja yang berkunjung ke berbagai air terjun yang terletak di kawasan kota yang memiliki hawa sejuk ini, pasti akan betah berlama – lama, karena selain bisa menyegarkan diri sambil bermain air dibawah guyuran percikan air yang terjun dari atas tebing, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya sambil mengabadikan foto sebagai kenang – kenangan. Di Malang, air terjun biasa disebut sebagai coban, sehingga tidak heran jika penamaan berbagai air dari tebing yang mengalir terjun di kota ini selalu didahului dengan kata coban, sebagai pengganti kata air terjun .

Baca Juga: Cafe Gelato Di Malang Yang Cocok Untuk Teman Nongkrong

Berbagai Tempat  Air Terjun Terbaik di Malang

  • Coban Rondo

Tempat wisata ini merupakan air terjun Malang yang paling populer dan paling banyak pengunjungnya dibandingkan coban – coban lain yang berada di Malang. Selain karena akses menuju cobannya mudah, debit air di sini juga termasuk besar. Ketinggian coban ini mencapai 84 meter, sehingga terlihat sangat megah. Keistimewaan lain yang membuat coban ini lebih banyak pengunjungnya adalah adanya fasilitas wahana seperti rafting, labirin, bersepeda bahkan panahan.

  • Coban Talun

Coban ini memiliki ketinggian 75 meter dan dari  coban utama, tercipta aliran – aliran kecil yang bertingkat, membuat coban ini nampak semakin cantik. Coban talun biasa digunakan sebagai bumi perkemahan, jadi jika anda ingin mencoba berkemah di air terjun Malang saat libur panjang bisa mencoba berkemah di sini. Untuk mencapai coban, anda harus berjalan kaki melewati hutan pinus yang indah nan sejuk, setelah itu anda harus menuruni lembah.

  • Coban Jahe

Untuk anda yang malas untuk ke coban rondo karena ramai dan juga tidak mau terlalu lelah berjalan kaki untuk sampai ke coban yang ada di talun, anda bisa mencoba alternatif coban jahe yaitu air terjun Malang yang berada di desa Pandansari. Coban yang satu ini berjarak lumayan dekat dari lokasi parkirnya, bahkan anda sudah bisa melihat keberadaan air yang terjun dengan derasnya dari tempat parkir. Hanya butuh waktu satu menitan untuk sampai tepat di bawah coban, dan anda juga tidak perlu melalui track yang sulit, karena jalur menuju kearah coban sudah ditata rapi untuk memudahkan wisatawan, dan tidak ketinggalan ada berbagai tanaman di sisi kanan dan kiri sepanjang track tersebut. Kolam yang berada di bawah air yang jatuh terjun ini juga dangkal, sehingga cocok untuk bermain air, terutama bagi yang tidak bisa berenang.

  • Coban Sumber 7

Tidak seperti coban pada umumnya, air terjun Malang yang satu ini menawarkan 7 aliran air sekaligus. Untuk dapat melihat keunikan keindahan coban yang satu ini memang dibutuhkan kesabaran, karena anda harus siap berjalan kaki selama  kurang lebih 90 menit dari tempat parkir. Selama tracking menuju coban, anda akan melewati ladang perkebunan warga dan juga perbukitan. Jangan khawatir bila anda lelah ditengah perjalanan, karena di beberapa titik terdapat kursi yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak. Rasa lelah setelah berjalan jauh akan terbayar dengan melihat betapa indahnya 7 aliran air yang menuju kearah bawah dan tersusun secara acak, ditambah lagi dengan pemandangan alamnya yang hijau, akan semakin menyejukkan hati, mata dan pikiran anda.

  • Coban Sewu

Jika sebelumnya tadi ada coban sumber 7, kali ini ada lagi coban yang sumber alirannya memiliki jumlah yang lebih banyak, yaitu coban sewu. Coban ini adalah coban paling indah dan artistik yang ada di perbatasan Malang dan Lumajang, hal ini dikarenakan terdapat banyak sekali aliran air yang terjun ke bawah dalam satu lokasi, seolah aliran – aliran air tersebut membentuk tirai dari air. Para warga sekitar telah membuat anak tangga dari bambu bagi para wisatawan yang ingin merasakan bermain air di bawah guyuran coban ini. Namun anda perlu berhati – hati karena track untuk turun kebawah menuju kolam di bawah coban lumayan curam dan tinggi. Bagi anda yang tidak berani turun, tetap bisa menikmati keindahan panorama coban ini dari atas sembari menyantap makanan, karena di atas anda bisa menemukan berbagai warung.

Itulah berbagai coban atau air terjun yang ada di Malang. Untuk bisa mencapai area coban, sebaiknya anda menggunakan kendaraan bermotor, karena jalur menuju lokasi coban biasanya berkelok – kelok dan menanjak, sehingga penggunaan motor akan lebih efisien. Bagi anda yang tidak membawa kendaraan roda 2 saat berwisata ke kota ini, tidak perlu khawatir karena sudah banyak tempat sewa motor Malang yang menyediakan motor matic maupun motor trail dengan performa mesin yang bagus, kelengkapan surat kendaraannya terjamin komplit, dilengkapi helm serta jas hujan dan yang terpenting harga sewanya terjangkau seperti yang ada di motormalang.com, jadi anda bisa lebih fleksibel untuk berkendara menuju berbagai air terjun di Malang.